Selasa, 02 Oktober 2012

Jenis-Jenis Energi


Energi muncul dalam berbagai bentuk, energi juga dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya, energi bermanfaat pada saat terjadi perubahan energi, berikut ini adalah jenis-jenis energi:
  1. Energi Cahaya 
Cahaya termasuk salah satu bentuk energi, cahaya dapat menghasilkan energi listrik, energi cahaya matahari dapat langsung diubah menjadi energi Listrik dengan alat yang disebut dengan sel fotofaltaik atau sel surya. Energi cahaya matahari merupakan energi yang bersih dan tersedia tanpa batas.  Oleh karena itu, para pakar teknologi kelistrikan berusaha menciptakan pembangkit listrik tenaga matahari




2. Energi Angin
Sejak zaman  dahulu energi angin diguanakan untuk menggerakkan kincir angin.  Kincir angin dapat menggerakkan/memutar kumparan para generator, sehingga menghasilkan listrik.








3. Energi Air

Energi air dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik dalam pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Air terjun digunakan untuk memutar turbin, sehingga kumparan pada generator berputar, akibatnya timbul listrik.

4. Energi Listrik

Energi lisrtik merupakan energi yang paling banyak dimanfaatkan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari.  Energi listrik dapat diubah menjadi energi bentuk lain, misalnya energi cahaya, dan energi kalor dalam lampu pijar, menjadi energi angin pada kipas angin listrik, dan masih banyak lagi.

5. Energi Nuklir

Energi Nuklir dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik, energi nuklir dihasilkan dari reaksi nuklir.  Banyak ahli mengatakan bahwa energi nuklir dapat menjadi sumber energi yang sangat potensial di masa depan.

Masih banyak lagi jenis-jenis energi yang lain.  Antara lain energi bunyi, energi gelombang, dan energi panas bumi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar